Laman

Kamis, 24 November 2011

Makalah E-Business


E-BUSINESS

1.     Pengertian E-Business
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi). E-business diturunkan dari istilah seperti e-mail dan        e-commerce, yaitu bisnis diinternet. E-business adalah istilah yang lebih umum dari e-commerce karena tidak hanya mengarah pada aktifitas membeli dan menjual melainkan melayani konsumen dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis lainnya atau dengan kata lain E-business merupakan interaksi dengan rekan-rekan bisnis. Salah satu yang pertama kali menggunakan istilah tersebut adalah IBM, bulan oktober 1997. Sekarang perusahaan-perusahaan besar kembali memikirkan bisnis mereka di dalam hal internet dengan kebudayaan dan kemampuanya yang baru. Perusahaan-perusahaan sekarang menggunakan web untuk membeli peralatan dan persediaan dari perusahaan lain untuk kemudian bekerja sama dalam promosi penjualan, dan mereka melakukan penelitian bersama-sama. Dengan memanfaatkan kenyamanan , keberadaan dan jangkauan yang mencapai seluruh dunia, banyak perusahaan seperti Amazon.com dan eBay.com. E-business adalah sebuah ilmu untuk membawa proses kepada orang yang tepat danmengajak  orang untuk tertarik pada produk itu sehingga membelinya.  Tanpa      E-business, E-commerce hanya sebuah mobil tanpa bahan bakar. Fungsi  dari       E- business  yaitu  untuk  mensupport  bagian  dari  marketing,  produksi, accounting, finance, dan human resource management. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business.
2.           Pembagian E-Business
 E-BUSINESS dibagi menjadi 4 bagian :

1.      Customer  Relationship  Management  (CRM)  :
sistem  kustomisasi  real  time  yangmemanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkankeinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang meliputi : Sales, pemasaran, data-data penjualan, pelayanan dan  anggapan dari konsumen.
2.      Enterprise  Resource  Planning  (ERP)  :
sistem  informasi  pendukung  E-business,  yang menyediakan  berbagai  macam  kebutuhan  perusahaan  seperti  supply  chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau  menyangkut hubungan dalam-internal perusahaan tersebut, yang meliputi : Production planning, integrated logistics, Accounting and Finance, Human Resource, Sales and distribution, order management.
3.      Enterprise Aplication Program (EAI) :
merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memprbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.
4.      Supply  Chain  Management  (SCM)  :
manajemen  rantai  supply  secara  otomatisterkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.
3.     Kategori  E-Business
Jenis E-Bisnis Karakteristik : 

·       B2C (Bussiness to Consumers) => Anatara organisasi dengan perorangan.
  • Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil.
  • Transaksi tidak sering terjadi.
  • Secara relatif sederhana.
·       B2B (Bussiness to Bussiness)
·       B2G (Bussiness to Government)
·       B2E (Bussiness to Education)
  •  Antar organisasi
  •  Nilai uang yang dilibatkan lebih besar 
  •  Hubungan yang kuat dan berkelnjutan
  •  Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
  •  Lebih kompleks

4.           Empat Tahap Evolusi E-Business
1)      Tahap InformPada tahap awal ini, yang  terjadi adalah adanya unit-unit kecil di dalam perusahaan yangmulai mencoba membangun program-program kecil (software) berbasis internet.
2)   Tahap Automate Tahap berikutnya adalah mencoba untuk mengintegrasikan beberapa unit di dalam perusahaan yang masing-masing telah mengimplementasikan konsep kecil e-business.
3)      Tahap Integrate Tahap selanjutnya dari pengembangan aplikasi e-business adalah  mengintegrasikan proses bisnis perusahaan dengan perusahaan atau entiti-entiti lain yang ada diluar perusahaan
4)      Tahap Reinvent Tahap  terakhir  di  dalam  evolusi dapat  secara  efektif  diimplementasikan jika ada perubahan paradigma mendasar dari manajemen perusahaan, terutama yang berkaitandengan cara mereka melihat bisnis yang ada.
5.  Manfaat  E-Business  bagi  perusahaan,  customer  dan  masyarakat
A.    Bagi Perusahaan
  •  Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehinggaperusahaan bias menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik dan menjamin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
  • Menekan  biaya menyusun,  memproses,  mendistribusikan,  menyimpan  danmengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
  • Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi. Contohnya:  www.dogtoys.com,  www.cattoys.com    dan www.pawprintbooks.com
B.     Bagi  Customer 
  • Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
  • Dalam  beberapa  kasus,  terutama  produk  yang  terdigitalisasi,  e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time.
C.   Bagi Masyarakat Luas
  • Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergianuntuk berbelanja, sehingga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang.
  • Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga biasterjangkau oleh orang yang kurang mampu.
  • Memungkinkan masyarakat di negara berkembang dan kawasan pedalamanmenikmati produk dan jasa yang relatif langka di tempat tinggalnya, termasuk didalamnya belajar jarak jauh lewat university.
  • Memfasilitasi penyampaian jasa publik, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan dan distribusi layanan social pemerintah secara lebih murah dan atau berkualitas
6.            Tujuan dan Manfaat Implementasi E-Business
Tujuan  implementasi  E-Business  adalah  untuk  mendukung  efisiensi  dan  integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia, Keuangan, Supply Chain  Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public danstakeholders lainnya. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.

Manfaat implementasi e-bisnis adalah :
  1. Meningkatkan kinerja operasional perusahaan.
  2. Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas.
  3. Meningkatkan efisiensi perusahaan.
  4. Mempermudah pengelolaan asset perusahaan.
  5. Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.
  6. Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholders.
  7. Mengatasi kesenjangan digital.
  8. Memperlancar transaksi bisnis.
  9. Sarana penyebaran informasi secara luas.
  10.  Dll

7.    Faktor-faktor  keberhasilan E-Bussiness
Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam E-Business :

1.      Faktor  pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas  E-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
2.      Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses E-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas dan Privasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Nak Tau

Loading...